Kamis, 22 September 2011

SUMBER LAUT HASILKAN TERASI BERKUALITAS


 Kota Kuala Tungkal merupkan daerah pesisir yang kaya akan hasil laut salah satunya adalah udang. Untuk mengoptimalkan hasil laut tersebut oleh sebagian masyarakat Kuala Tungkal dibuat berbagai usaha industri rumah tangga yang menghasilkan ekonomi keluarga. Salah satunya adalah industri pengolahan terasi.

Kelompok usaha pengolahan terasi yang ada di Kuala Tungkal adalah kelompok pengolahan terasi dengan nama “Sumber Rejeki Laut” milik Rokayah. Usaha ini telah didirintisnya sejak 10 tahun lalu. “Usaha kami ini sudah 10 tahun, mulai pengolahan secara tradisional sampai seperti saat ini” ujar Rokayah.

Untuk diketahui dalam menjalankan usaha ini, Rokayah awalnya mengerjakan secara tradisional, belum menggunakan mesin dan kemasannya pun masih menggunakan sumpet dan karung. Namun sekarang usahanya telah bekembang hingga proses pengerjaannya sudah menggunakan mesin penggiling untuk menghaluskan udang. Dalam hal kemasan pun sudah menggunakan label. Usaha pengolahan terasi ini merupakan binaan dinas kelauatan dan perikanan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Terasi yang dihasilkan oleh Rokayah ini tidak hanya dipasarkan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat saja tetapi sudah merambah keluar daerah seperti Jambi, Batam dan Jakarta bahkan sudah sampai keluar negeri seperti Malaysia. Sistem penjualannya orderan dari pembeli baru dikirim.

Usaha yang sudah ditekuninya selama sepuluh tahun ini telah mendatangkan keuntungan tersendiri bagi keluarga. Lebih lanjut dikatakan omset penjualan dalam satu bulan mencapai Rp. 19 juta. Dalam hal produksi Rokaya mengaku bisa menghasilakan terasi 1 ton dalam satu hari. Setelah melalui prosespengolahan hingga menghasilkan terasi, baru dibungkus dalam kemasan plastik yang memiliki merk tersendiri.

Hingga saat ini terasi yang dihasilkan Rokayah merupakan salah satu produk lokal yang dimiliki Kabupaten Tanjung Jabung Barat. (Ery)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More